Kamis, 23 Mei 2019

Critical Book Report 2 Psikologi Pendidikan


CRITICAL BOOK REPORT
 
Identitas Buku:

-       Nama Penulis : Varia Winansih                                  
-       Judul Buku : Pengantar Psikologi Pendidikan
-       Penerbit, Kota, Tahun : Citapustaka Media Perintis,     
Bandung, 2008
-       Tebal halaman : 178 halaman                                                        



Isi Buku:
            Pada buku Pengantar Psikologi Pendidikan, penulis Varia Winansih ini mengandung isi tentang psikologi anak didik dalam pendidikan terutama dalam belajar, bagaimana cara belajar yang baik, faktor apa saja yang mempengaruhi belajar, tipe-tipe belajar itu sendiri,  serta adanya hukuman dan ganjaran yang di berikan kepada anak didik tersebut dalam proses pembelajaran.
            Selain itu, di buku ini juga di jelaskan mengenai pertumbuhan dan perkembangan peserta didik. Dimana pertumbuhan adalah perubahan kuantitatif pada material pribadi sebagai akibat dari adanya pengaruh lingkungan seperti sel, kromosom, tulang, ide, dan pengetahuan. Sedangkan perkembangan dapat diartikan sebagai perubahan kualitatif daripada setiap fungsi kepribadian akibat dari pertumbuhan daan belajar. Dimana terbagi dua yaitu fungsi yang berhubungan dengan aspek jasmani dan kejiwaa. Yang berhubungan dengan aspek jasmani seperti fungsi motorik pada bagian tubuh dan fungsi sensoris pada alat indera. Yang bersifat kejiwaan sseperti fungsi perhatian, fungsi pengamatan, fungsi tanggapan, fungsi ingatan, fungsi pikiran, fungsi perasaan dan fungsi kemauan. (Watsty, 1987;54).
            Dan bagian terakhir isi buku ini yaitu tingkah laku dan kepribadian peserta didik. Kehidupan individu terwujud dalam bentuk tingkah laku. Tingkah laku yaitu segala olah-hidup individu yang apabila dibahas akan kata yang menggambarkan tingkah laku tersebut dapat di golongkan ke dalam kata kerja. Sedangkan kepribadian seorang individu sangat di tentukan oleh permasalahan yang di alaminya. Kepribadian itu sendiri dapat di lihat dalam perwujudan tingkah laku individu.


Kelebihan Buku :
Pada buku Pengantar Psikologi Pendidikan, penulis Varia Winansih. ini memiliki beberapa kelebihan fisik atau materinya, antara lain:
·      Identitas yang di miliki buku ini sudah lengkap yang terdiri dari nama penulis, kota terbit, tahun terbit, serta nama penerbitnya
·      Dilengkapi dengan pengantar editor, daftar isi dan daftar pustaka yang sesuai dengan kriteria buku yang baik
·      Dilengkapi ISBN untuk memperjelas identitas buku
·      Materi yang ada di buku ini cukup padat dan dijelaaskan secara rinci
·      Definisi-definisi suatu materi banyak memakai pendapat dari para ahli/tokoh
·      Memakai kalimat pendahuluan di salah satu bab pada buku yaitu pada bab 3 “hukuman dan ganjaran dalam proses pembelajaran”
·      Buku ini memaparkan mengenai seluk beluk tentang kegiatan dalam bidang pendidikan yaitu belajar dan mengajar serta hukuman, pertumbuhan dan perkembangan pada proses pembelajaran itu sendiri. Sehingga cocok untuk dijadikan sumber informasi bagi calon guru mempengaruhi dalam upaya menuju guru profesional.
·      Bahasa bukunya cukup efektif, sehingga mudah di pahami oleh pembaca.



Kelemahan Buku :
Pada buku Pengantar Psikologi Pendidikan, penulis Varia Winansih. ini memiliki beberapa kekurangan fisik atau materinya, antara lain:
·      Pada buku ini seharusnya tidak perlu di tambahkan prakata lagi, karena pengantar sudaah mewakili kata-kata dari prakata tersebut.
·      Seharusnya kata pengantar editor di buat menjadi kata pengantar penulis, dimana pada kebanyakan buku kata pengantar di buat sebagai kata pengantar penulis.
·      Definisi pendapat para ahli/tokoh banyak berasal dari tahun yang sudaah lama
·      Terdapat di salah satu halaman pada buku, dimana satu halaman tersebut kosong(tidak ada tulisan) yang seharusnya halaman kosong itu berisi materi selanjutnya
·      Tidak di pakainya footnote (catatan kaki) pada buku ini, yang seharusnya di tambahkan footnote untuk menjadi salah satu kriteria buku yang baik.









Manfaat Untuk Guru Biologi :
Pada bukuPengantar Psikologi Pendidikan, penulis Varia Winansihini memiliki manfaat tersendiri khususnya bagi guru Biologi, antara lain yaitu:
     Dapat bermanfaat atau digunakan untuk guru Biologi ketika mengajar siswa/murid-muridnya. Materi-materi yang ada dalam buku ini dapat menjadi landasan guru Biologi dalam mengajar. Yaitu dengan mengetahui apa-apa saja yang mencakup dalam hal proses pendidikan tersebut, guru akan mampu untuk menunjukkan metode pembelajaran untuk siswa. Guru dapat menerapkan media pembelajaran yang sesuai dengan karakter siswaanya terkhususnya guru Biologi, akanmampu menentukan jenis dan gaya belajar, misalnya saja menerapkan kegiatan penanaman 1000 pohon dalam Biologi, hal tersebut dapat meningkatkan minat belajar siswa itu sendiri, dan menghindari kejenuhannya belajar di kelas, juga berguna untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif.
Isi dalam buku ini juga bermanfaat bagi guru untuk memahami daya tangkap siswa. Dalam suatu ruang kelas terdapat banyak siswa yang memiliki daya tangkap yang berbeda-beda. Guru dapat melihat psikologi siswanya dari perilaku atau ekspresi. Ekspresi bosan, jenuh, mengantuk dan sebagainya . Hal inilah dapat di teraapkan oleh guru Biologi agar bisa menghilangkan kejenuhan tersebut dengan dilakukannya praktikum. Jadi belajar Biologi tidak hanya teori saja,mungkin dengan melakukan praktek, siswa akan lebih mudah memahami materi yang dijelaskan oleh guru, sehingga kejenuhan pun tidak akan dirasakan.
Buku ini juga bermanfaat bagi guru Biologi untuk menggunakan media pembelajaran yang tepat bagi siswa khususnya guru Biologi seperti proyektor, buku TTS, awetan tumbuhan dan lainnya, yang dapat menjadi media untuk diajarkan dan disampaikan kepada siswa. Isi dari buku ini juga dapat menjadi landasan guru Biologi untuk memberikan ganjaran dan hukuman dalam proses pembelajaran apabila siswa tersebut memiliki kesalahan.
Manfaat terakhir untuk guru Biologi yaitu guru dapat mengetahui kepribadian dan tingkah laku siswanya tersebut. Apakah siswanya itu memiliki kepribadian atau tingkah laku yang baik atau tidak, dengan mengetahuinya guru dapat membimbing anak didiknya untuk bisa menjadi pribadi yang memiliki kepribadian dan tingkah laku yang baik yang diharapkan oleh orang tua siswa itu sendiri tentunya, dengan bimbingan dari guru tersebut.
           

2 komentar: