CRITICAL
BOOK REPORT
Identitas
Buku:
- Nama
Penulis : Varia Winansih
- Judul
Buku : Pengantar Psikologi Pendidikan
- Penerbit,
Kota, Tahun : Citapustaka Media Perintis,
Bandung,
2008
- Tebal
halaman : 178 halaman
Isi
Buku:
Pada
buku Pengantar Psikologi Pendidikan, penulis Varia Winansih ini mengandung isi
tentang psikologi anak didik dalam pendidikan terutama dalam belajar, bagaimana
cara belajar yang baik, faktor apa saja yang mempengaruhi belajar, tipe-tipe
belajar itu sendiri, serta adanya hukuman
dan ganjaran yang di berikan kepada anak didik tersebut dalam proses
pembelajaran.
Selain
itu, di buku ini juga di jelaskan mengenai pertumbuhan dan perkembangan peserta
didik. Dimana pertumbuhan adalah perubahan kuantitatif pada material pribadi sebagai
akibat dari adanya pengaruh lingkungan seperti sel, kromosom, tulang, ide, dan
pengetahuan. Sedangkan perkembangan dapat diartikan sebagai perubahan
kualitatif daripada setiap fungsi kepribadian akibat dari pertumbuhan daan
belajar. Dimana terbagi dua yaitu fungsi yang berhubungan dengan aspek jasmani
dan kejiwaa. Yang berhubungan dengan aspek jasmani seperti fungsi motorik pada
bagian tubuh dan fungsi sensoris pada alat indera. Yang bersifat kejiwaan
sseperti fungsi perhatian, fungsi pengamatan, fungsi tanggapan, fungsi ingatan,
fungsi pikiran, fungsi perasaan dan fungsi kemauan. (Watsty, 1987;54).
Dan
bagian terakhir isi buku ini yaitu tingkah laku dan kepribadian peserta didik.
Kehidupan individu terwujud dalam bentuk tingkah laku. Tingkah laku yaitu
segala olah-hidup individu yang apabila dibahas akan kata yang menggambarkan
tingkah laku tersebut dapat di golongkan ke dalam kata kerja. Sedangkan
kepribadian seorang individu sangat di tentukan oleh permasalahan yang di
alaminya. Kepribadian itu sendiri dapat di lihat dalam perwujudan tingkah laku
individu.
Kelebihan
Buku :
Pada buku Pengantar
Psikologi Pendidikan, penulis Varia Winansih. ini memiliki beberapa kelebihan
fisik atau materinya, antara lain:
· Identitas
yang di miliki buku ini sudah lengkap yang terdiri dari nama penulis, kota
terbit, tahun terbit, serta nama penerbitnya
· Dilengkapi
dengan pengantar editor, daftar isi dan daftar pustaka yang sesuai dengan
kriteria buku yang baik
· Dilengkapi
ISBN untuk memperjelas identitas buku
· Materi
yang ada di buku ini cukup padat dan dijelaaskan secara rinci
· Definisi-definisi
suatu materi banyak memakai pendapat dari para ahli/tokoh
· Memakai
kalimat pendahuluan di salah satu bab pada buku yaitu pada bab 3 “hukuman dan
ganjaran dalam proses pembelajaran”
· Buku
ini memaparkan mengenai seluk beluk tentang kegiatan dalam bidang pendidikan
yaitu belajar dan mengajar serta hukuman, pertumbuhan dan perkembangan pada
proses pembelajaran itu sendiri. Sehingga cocok untuk dijadikan sumber
informasi bagi calon guru mempengaruhi dalam upaya menuju guru profesional.
· Bahasa
bukunya cukup efektif, sehingga mudah di pahami oleh pembaca.
Kelemahan Buku :
Pada buku Pengantar
Psikologi Pendidikan, penulis Varia Winansih. ini memiliki beberapa kekurangan
fisik atau materinya, antara lain:
· Pada
buku ini seharusnya tidak perlu di tambahkan prakata lagi, karena pengantar
sudaah mewakili kata-kata dari prakata tersebut.
· Seharusnya
kata pengantar editor di buat menjadi kata pengantar penulis, dimana pada
kebanyakan buku kata pengantar di buat sebagai kata pengantar penulis.
· Definisi
pendapat para ahli/tokoh banyak berasal dari tahun yang sudaah lama
· Terdapat
di salah satu halaman pada buku, dimana satu halaman tersebut kosong(tidak ada
tulisan) yang seharusnya halaman kosong itu berisi materi selanjutnya
· Tidak
di pakainya footnote (catatan kaki) pada buku ini, yang seharusnya di tambahkan
footnote untuk menjadi salah satu kriteria buku yang baik.
Manfaat
Untuk Guru Biologi :
Pada bukuPengantar
Psikologi Pendidikan, penulis Varia Winansihini memiliki manfaat tersendiri
khususnya bagi guru Biologi, antara lain yaitu:
Dapat bermanfaat atau digunakan untuk guru Biologi ketika
mengajar siswa/murid-muridnya. Materi-materi yang ada dalam buku ini dapat
menjadi landasan guru Biologi dalam mengajar. Yaitu dengan mengetahui apa-apa
saja yang mencakup dalam hal proses pendidikan tersebut, guru akan mampu untuk
menunjukkan metode pembelajaran untuk siswa. Guru dapat menerapkan media pembelajaran
yang sesuai dengan karakter siswaanya terkhususnya guru Biologi, akanmampu
menentukan jenis dan gaya belajar, misalnya saja menerapkan kegiatan penanaman
1000 pohon dalam Biologi, hal tersebut dapat meningkatkan minat belajar siswa
itu sendiri, dan menghindari kejenuhannya belajar di kelas, juga berguna untuk
menciptakan proses pembelajaran yang efektif.
Isi dalam buku ini juga
bermanfaat bagi guru untuk memahami daya tangkap siswa. Dalam suatu ruang kelas
terdapat banyak siswa yang memiliki daya tangkap yang berbeda-beda. Guru dapat
melihat psikologi siswanya dari perilaku atau ekspresi. Ekspresi bosan, jenuh,
mengantuk dan sebagainya . Hal inilah dapat di teraapkan oleh guru Biologi agar
bisa menghilangkan kejenuhan tersebut dengan dilakukannya praktikum. Jadi belajar
Biologi tidak hanya teori saja,mungkin dengan melakukan praktek, siswa akan
lebih mudah memahami materi yang dijelaskan oleh guru, sehingga kejenuhan pun
tidak akan dirasakan.
Buku ini juga
bermanfaat bagi guru Biologi untuk menggunakan media pembelajaran yang tepat
bagi siswa khususnya guru Biologi seperti proyektor, buku TTS, awetan tumbuhan
dan lainnya, yang dapat menjadi media untuk diajarkan dan disampaikan kepada
siswa. Isi dari buku ini juga dapat menjadi landasan guru Biologi untuk
memberikan ganjaran dan hukuman dalam proses pembelajaran apabila siswa
tersebut memiliki kesalahan.
Manfaat terakhir untuk
guru Biologi yaitu guru dapat mengetahui kepribadian dan tingkah laku siswanya
tersebut. Apakah siswanya itu memiliki kepribadian atau tingkah laku yang baik
atau tidak, dengan mengetahuinya guru dapat membimbing anak didiknya untuk bisa
menjadi pribadi yang memiliki kepribadian dan tingkah laku yang baik yang
diharapkan oleh orang tua siswa itu sendiri tentunya, dengan bimbingan dari
guru tersebut.
Verry Good👍
BalasHapusgood
BalasHapus